WN Tanzania Selundupkan Sabu di Dalam Perutnya Seberat 1,1 Kg dari Doha ke Bali

WN Tanzania Selundupkan Sabu di Dalam Perutnya Seberat 1,1 Kg dari Doha ke Bali – Masyarakat Negara (WN) Tanzania, Abdul Rachman Azman (42), diamankan aparat sewaktu datang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Azman didapati menyelundupkan sabu di perutnya seberat 1,1 kg dari Doha ke Bali.

“Pengusutan pada 30 Januari, menjadi penumpang Qatar Airways dari Doha ke Bandara Internasional Bandara Ngurah Rai dengan modus swallow (telan) methapempetamin atau model sabu. Jumlah berdasar pada hasil pengecekan kita ke rumah sakit supaya dapat dikeluarkan 99 kapsul dengan inisial ARA, ” kata Kepala Kantor Lokasi DJBC Bali, NTB, NTT Untung Basuki waktu jumpa wartawan di kantornya, Jl I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (12/2/2019).

Sewaktu ditimbang 99 kapsul itu punyai berat 1.130,96 gr sabu. Sabu itu disimpan ke kondom hingga berwujud cocoon (kepompong) yang selanjutnya ditelan terduga.

Di area yang sama, Kapolresta Denpasar Kombes Ruddi Setiawan menyebutkan Azman dapatkan gaji beberapa ribu dolar untuk menyelundupkan barang haram itu ke Indonesia. Ruddi menyatakan masih tetap mengincar jaringan narkotika itu.

“Kalaupun kami lihat ini Tanzania sabu dalam perutnya ini maksudnya menjadi kurir. Ia mendapakan uang sebesar USD 2 ribu dari Kenya ke Bali, dikasihkan ke seorang. Hingga sampai sekarang ini, kami masih tetap melakukan penyidikan,” paparnya.

Atas tingkah lakunya Asman dijaring dengan klausal 102 huruf (e) jo klausal 103 huruf (c) UU Nomer Nomor 17 tahun 2006 mengenai Pergantian atas UU Nomer 10 tahun 1995 mengenai Kepabeanan jo Klausal 113 ayat 2 UU RI Nomer 35 mengenai Narkotika. Asman terancam hukuman mati serta denda Rp 10 miliar.